Download lagu takbiran

Download 12 Lagu Takbiran (Idul Fitri dan Adha) Mp3 Full

49 views

Download Lagu Takbiran Mp3 – Di dalam Agama Islam, kita mengenal 2 hari raya besar, yaitu Idul Adha dan juga Idul Fitri. Keduanya sering juga disebut dengan lebaran dan sama-sama dirayakan satu tahun sekali. Ketika datangnya kedua hari raya tersebut, seluruh umat muslim di dunia akan merasakan senang dan gembira.

Meski sama-sama hari raya besar, namun keduanya mempunyai ciri yang berbeda. Idul Fitri datang setelah sebelumnya seluruh muslim di dunia melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Itu artinya, lebaran idul fitri terjadi setelah bulan Ramadhan, tepatnya pada tanggal 1 di bulan Syawal. Tradisi yang ada di Indonesia, Idul Fitri biasanya orang-orang akan mudik ke kampung halamannya masing-masing untuk melaksanakan lebaran bersama sanak keluarga.

Sementara untuk Idul Adha sendiri dilakukan tanpa puasa wajib sebelumnya. Waktu pelaksanaannya pada tanggal 11 sampai dengan 13 Dzulhijjah. Pada saat melaksanakannya akan dilakukan penyembelihan hewan qurban berupa sapi, kambing, domba, kerbau ataupun unta. Pada saat ini pula akan dilaksanakannya ibadah Haji di Makkah bagi yang mampu. Berbeda dengan Idul Fitri, biasanya masyarakat tidak terlalu antusias untuk mudik.

Meskipun berbeda, tapi ada satu hal yang sama. Pada saat kedua hari raya ini datang, seluruh muslim di dunia sama-sama akan mengumandangkan Takbir sebanyak-banyaknya. Di Indonesia biasanya disebut dengan takbiran. Bacaan takbir yang dilantunkan juga lafaznya sama saja, jadi mudah sekali untuk di hafalkan.

Download lagu takbiran

Download Lagu Takbiran Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha Mp3

Bagi Anda yang ingin menghafal atau mendengarkannya menggunakan hp, pc, laptop, speaker dan lain sebagainya, bisa langsung download lagu takbiran mp3 full lebaran di dalam blog ini secara gratis. Ada beberapa suara yang bisa Anda unduh, baik dari dalam negeri ataupun dari luar negeri. Tentu saja semuanya mempunyai suara, nada dan irama yang merdu dan juga indah.

Untuk durasinya sendiri, kami sudah sediakan beberapa yang durasinya pendek, dan ada juga beberapa yang durasinya panjang, sehingga bisa di dengarkan dalam waktu yang lama. Ada juga yang di iringi dengan tabuh bedug, sehingga terdengar lebih meriah.

KeteranganLink Download
Lagu TakbiranDownload
Takbiran Saad Al QureshiDownload
Takbiran MadinahDownload
Takbiran Hari Raya Idul FitriDownload
Lagu Takbiran TerbaruDownload
Takbiran Mp3 FullDownload
Takbiran Termerdu Mp3Download
Takbiran MekkahDownload
Takbiran Opick Disertai Tabuhan BedugDownload
Suara Takbiran TerindahDownload
Takbiran Ustad Jefri Al Buchori (UJE)Download
Takbiran Merdu Mp3Download

Sebelumnya: Download Suara Adzan Mp3

Selanjutnya: Download Surat Al Maidah Mp3

Lafadz Takbiran Lebaran Sesuai Sunnah

Ada beberapa lafadz takbiran yang bisa kita hafal dan baca. Tentu saja semuanya berdasarkan hadits dan dalil yang jelas. Silahkan Anda ingin gunakan yang mana. Berikut ini penjelasannya.

Lafadz Takbir Ibn Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Terdapat 2 Riwayat tentang lafadz Takbiran dari Beliau

أ‌- اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ وللهِ الْحَمْدُ
ب‌- اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ، اللَّهُ أَكْبَرُ وللهِ الْحَمْدُ

Keterangan:
Lafadz “Allahu Akbar” pada takbiran yang diriwayatkan oleh Ibn Mas’ud boleh dibaca sebanyak 2 kali atau 3 kali. Dan kesemua lafadz tersebut diriwayatkan oleh Ibn Abi Syaibah dalam Al Mushannaf.

Lafadz Takbiran Ibn Abbas radliallahu ‘anhuma

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلِلَّهِ الْحَمْدُ، اللَّهُ أَكْبَرُ وَأَجَلُّ
اللَّهُ أَكْبَرُ، عَلَى مَا هَدَانَا

Keterangan:
Dalam pengucapan lafadz takbiran yang di bawa oleh Ibn Abbas radliallahu ‘anhuma diriwayatkan oleh Al Baihaqi dan sanadnya dishahihkan Syaikh Al Albani.

Lafadz Takbiran Salman Al Farisi radhiyallahu ‘anhu

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا

Keterangan: Ibn Hajar mengatakan: Takbiran yang di lakukan oleh Salman Al Farisi radhiyallahu ‘anhu diriwayatkan oleh Abdur Razaq dalam Al Mushanaf dengan sanad shahih dari Salman.

Dalil Tentang Takbiran

Segala bentuk ibadah yang kita lakukan mesti harus ada landasan hukumnya, begitu juga dengan takbiran. Untuk lebih mengetahui seperti apa dalilnya, mari kita simak di bawah ini.

Takbiran Lebaran Idul Fitri

Setidaknya ada dua dalil yang menjelaskan tentang takbiran lebaran idul fitri, diantaanya sebagai berikut.

Yang pertama dijelaskan dalam kitab Al Mushannaf no. 5621 yang merupakan hadits riwayat Ibn Abi Syaibah berikut ini.

“Diriwayatkan oleh Ibn Abi Syaibah, bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu keluar rumah dan menuju tanah lapang lalu Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bertakbir sesampai tiba di lapangan. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa bertakbir hingga sholat usai. Dan selepas shalat (I’ed), beliau menghentikan takbir (takbiran)“.

Yang kedua terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya sebagai berikut:

“…hendaklah dirimu mencukupkan hitungannya (puasa) serta hendaklah dirimu meninggikan nama Allah (bertakbir) melalui petunjuk-Nya yang diturunkan padamu.”

Makna dari ayat tersebut sangat jelas bahwasannya Allah memerintahkan kita untuk bertakbir (takbiran). Sementara untuk yang hadidts sebelumnya juga dijelaskan bahwasannya kita bisa mengumandangkan takbir saat berjalan menuju tempat sholat Ied, baik di masjid maupun di lapangan.

Takbiran Lebaran Idul Adha (Idul Qurban)

Untuk Idul Adha sendiri, para ulama menggolokannya menjadi dua, yaitu takbiran yang bisa dilakukan selama dalam kurun waktu yang masih di perbolehkan atau masih termasuk hari raya. Untuk dalilnya sendiri ada pada surat Al Hajj ayat 203 dan surat al Baqarah ayat 203 yang artinya.

Lihat Juga: Download Surat Al An’am Mp3

“…agar supaya mereka (kaum beriman) berdzikir dengan (menyebut) nama Allah disaat (hari) yang telah ditentukan (waktunya)…”

“….Dan berdzikirlah dengan (menyebut) nama Allah dihari-hari yang berbilang…“

Menurut Ibn Abbas R.A “hari yang ditentukan adalah yakni mulai tanggal 1 sampai dengan 10 Dzulhijjah, dan hari yang berbilang ialah tanggal 11 – 13 Dzulhijjah atau lebih kita kenal dengan hari Tasyriq“.

Dan yang kedua adalah takbiran yang dilakukan setelah usai melaksanakan sholat fardhu atau wajib. Untuk Tanggalnya sendiri bisa dilakukan sejak selesai sholat subuh pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai dengan selesai sholat asar pada tanggal 13 Dzulhijjah.

Dalilnya dari Ibn Syaibah dan Al Baihaqi, Syaikh Al Albani memberikan sanad hadits ini adalah Shohih, yang artinya

”Dan dari Umar bin Khattab RA, bahwa Beliau Shallallahu’alaihi Wa Sallam dahulu bertakbir (takbiran) seusai sholat subuh pada 9 Dzulhijjah hingga setelah selesai sholat dzuhur pada 13 Dzulhijjah“.(Ibn Abi Syaibah & Al Baihaqi, Syaikh Al Albani menshohihkan hadits ini).

Selain itu ada hadits lain yang serupa yaitu dari Al Hakim yang dishahihkan oleh Imam An Nawawi dalam kitabnya yang berjudul Al Majmu dan hadits dari Ibn Abi Syaibah dan Al Baihaqi lainnya, serta syaikh Al Albani mengatakan sanadnya adalah shahih.

Wallahu a’lam

Video Takbiran Lebaran oleh Alm. Uje (Ustadz Jefri Al Buchori)

Belakangan ini banyak fenomena yang agak sedikit aneh menurut saya pribadi. Ada beberapa orang yang menggabungkan irama lagu takbiran mp3 dengan musik seperti DJ dan sejenisnya. Saya sendiri pribadi tidak menyarankan hal tersebut. Tapi semua balik lagi pada pribadi masing-masing.

Mohon maaf apabila ada kesalahan, kekurangan dan khilaf yang terdapat dalam artikel ini. Semoga saja artikel tentang download lagu takbiran mp3 full lebaran idul fitri dan idul adha ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *